PERTEMUAN 1
Data dikategorikan menjadi 2 yaitu :
Tipe data tunggal (data primitif)
Ex:Integer, Real, Boolean dan
karakter
Tipe data majemuk (data campuran)
Ex: string (untai)
Tipe Data dalam pemprograman ada 3 yaitu :
1. Sederhana
a. Ordinal, ex: Integer, Boolean, char
b. Real
2. Terstrukur
a. Array
b. Record
c. Set
d. File
3. Pointer
TIPE DATA TUNGGAL
#Integer
1. Suatu integer adalah anggota dari
himpunan bilangan
2. Operasi – operasi dasar yang ada
dalam integer adalah : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb
3. Operator yang bekerja terhadap
sepasang integar (operand) disebut sebagai Binary Operator
4. Operator yang hanya bekerja
pada satu operand saja disebut sebagai Unary Operator
5. Contoh Unary Operator adalah
operator negasi. Berfungsi untuk mengubah tanda suatu operand
Operator
|
Operand
|
+
|
Penjumlahan
|
*
|
Perkalian
|
-
|
Pengurangan
|
DIV
|
Hasil Pembagian Bilangan Bulat
|
MOD
|
Sisa Pembagian
|
#Real
1. Data Numerik yang bukan termasuk
integer, digolongkan dalam jenis data real
2. Jenis data ini ditulis menggunakan
titik desimal (atau koma desimal)
3. Bilangan real dimasukkan ke dalam
memori komputer memakai sistem Floating Point, merupakan
versi yang disebut Scientific Notation
4. Penyajian terdiri atas 2 bagian,
yaitu : Mantissa (Pecahan) dan Eksponen
Ex: bilangan 199000 = 0,199 * 106
Disini 0,199 adalah mantissa (pecahan) sedangkan 6
adalah eksponen
5. Secara Umum suatu bilangan
real X dituliskan M * RE
Operator
|
Operand
|
+
|
Penjumlahan
|
*
|
Perkalian
|
-
|
Pengurangan
|
/
|
Pembagian
|
#Boolean
1. Jenis data ini disebut juga jenis
data logical
2. Elemen dari jenis data ini mempunyai
nilai salah satu dari true atau false
3. Operator yang dikenal adalah
Operator logika yaitu NOT, AND dan
OR
a. Operator OR akan menghasilkan nilai true jika salah
satu/ kedua operand bernilai true
b. Operator AND akan menghasilkan nilai
true jika kedua operand benilai true
c. Operator NOT akan menghasilkan nilai
true jika operand bernilai false dan sebaliknya
d. Operator NOT merupakan
precedence dari operator AND dan OR
e. Dalam suatu ekspresi yang
tidak menggunakan tanda kurung, operator NOT harus dievaluasi sebelum operator
AND dan OR
Operator Relasional yaitu > , <,
<= , >=, <> dan =
P
|
Q
|
P dan Q
|
P OR Q
|
NOT Q
|
T
|
T
|
T
|
T
|
F
|
T
|
F
|
F
|
T
|
T
|
F
|
T
|
F
|
T
|
F
|
F
|
F
|
F
|
F
|
T
|
#Karakter
Jenis data karakter merupakan elemen dari suatu
himpunan simbol aksara yang terdiri atas bilangan, abjad, dan simbol – simbol
khusus
#String
1. Jenis data string merupakan jenis
data campuran karena elemen dibentuk dari karakter – karakter
2. String adalah barisan hingga simbol
yang diambil dari himpunan karakter
3. Ada beberapa string yang dapat di
bentuk, antara lain :
4. CDI, CDD, DDC, CDC, CDCI, termasuk
juga “ null string “ , “ empyt string “.
5. Vocabulary, himpunan yang anggotanya
adalah semua string yang dapat di bentuk dari suatu himpunan alphabet.
6. Bitstring, suatu string yang
terbentuk dari alphabet
7. Dalam suatu string terdapat beberapa
operasi utama yaitu :
a. Lenght : Menghitung panjang string
(Integer)
Nilai dari operasi ini adalah suatu integer yang
menunjukkan panjang dari suatu string.Panjang dari string di definisikan
sebagai banyak karakter dan dapat diltulis S=N atau Lenght (S)=N
b. Concatenation : menggabungkan
1) Operasi ini bekerja terhadap dua
string dan hasilnya merupakan resultan dari kedua string tersebut
2) Jika S1 dan S2 masing
– masing adalah suatu string, maka bentuk operasi concatenation dinotasikan
dengan CONCAT “(S1,S2)
c. Sub String = Mengambil
1) Operasi ini adalah operasi membentuk
string baru, yang merupakan bagian dari string yang diketahui
2) Notasinya adalah SUBSTR (s,i,j)
s = string yang diketahui
i dan j adalah int
i = posisi awal substring 0 ≤ i ≤ length (S)
j = banyak karakter yang diambil 0 ≤ j ≤ length (S)
dan
0 ≤ i+j-1≤ lenght (S)
1. Length ( SUBTR (s, i, j))
= j
2. SUBSTR (CONCAT (S1 ,
S2), 1, length (S1))= S1
3. SUBSTR (CONCAT (S1,S2),
length (S1)+1, length (S2)) = S2
Ex : S1 =
STIMIK
S2 =
ASIA
S1 =
Indonesia ? Substring (Concate (Stimik, Asia), 1, lenght (stimik))
Subtring ((Stimik Asia ), 1 ,6) = stimik (terbukti)
d. Insert = Menyisihkan
1) Operasi ini adalah untuk menyisipkan
suatu string ke dalam string lain
2) Bentuk umum adalah : INSERT (S1, S2,
i )
3) S1 dan S2 masing
– masing adalah suatu string dan i adalah posisi awal S2 pada S1
Misalkan S1 = ‘a1a2 ....an’
S2 = ‘b1b2....bm’
INSERT (S1, S2, 3)= ‘a1a2b1b2 ....bma3a4....an’
Ex : S1 = Stimik
S2 = Asia
INSERT (S1, S2, 2) = Sasia Timik
e. Delete = Menghapus
1) Operasi ini digunakan untuk
menghapuskan sebagaian karakter dalam suatu string
2) Bentuk umum adalah DELETE (s, i, j)
3) Maksudnya adalah menghapuskan
sebagaian karakter dalam string S, mulai dari posisi i dan panjang j
Pemetaan integer ke storage Bentuk mapping ke storage
dari int dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :
1. Skema sign dan magnitude (bentuk
konvesional)
a. Disini representasi bilangan pos dan
neg hanya dibedakan dengan tanda saja
b. Biasanya tanda pos/neg ditunjukkan
oleh digit terdepan dari bentuk binernya untuk representasi dengan jumlah digit
tertentu
2. Skema One’s complement dan Skema
Two’s complement
a. Diberikan bilangan int non neg
x,x’ dan R di definisi bahwa x’ adalah complement dari x relatif
terhadap R jika x+x’ = R dan x disebut sebagai bentuk true sedangkan
x’=R-x disebut bentuk complement
b. Bentuk complement x’= R-x menyatakan
bilangan int neg x sedangkan bentuk true x menyatakan int pos x
c. Skema 2 complement menggunakan R = 2N
d. Skema 1 complement menggunakan
R = 2N – 1
Pemetaan karakter ke storage
Pada umumnya skema yang paling banyak digunakan adalah
1. Exended Binary Coded Decimal
Interchange Code (EBCDIC)
2. American Standard Code for
Information Interchange (ASCII)
3. Selain kedua skema tersebut ada
skema yang disebut dengan kode Huffman Pemetaan
String ke Storage
4. Untuk mengetahui bentuk mapping pada
storage dari suatu string perlu diketahui beberapa hal yang menyangkut ruang
untuk string yang bersangkutan
5. Letak posisi awal start dan posisi
akhir (terminal) suatu pointer yang menunjukkan lokasi storage
Tidak ada komentar:
Posting Komentar